ahLan wa sahLan ^_^

ahLan wa sahLan ^_^
bLog "adek iya"

Senin, 18 Oktober 2010

senyum mereka dan hari ini :)

Assalamu'alaikum saudaraku....



Hmmm,,,aq hanya ingin membagi kebahagiaanku di hari ini....

moment hari ini,,yang tlah berhasil membuat aq tersenyum sampai detik ini...

bahagia saat ku ingat wajah2 Lugu tadi...





di sana,, di SEKOLAH BINAAN KM FKIP UNSRI...aq banyak mendapatkan hikmah...Luar biasa..

mereka,,,

iya,

adik2 itu,, dengan semua kekurangan yang mereka miliki, tapi dengan kepolosan,keceriaan,kecerdasan,keingintahuan, dan semangat yang luar biasa besar, mereka telah mengajarkan aku tentang arti kehidupan...







iya,,

saat ini, saat aku tulis "note" ini, aku sedang membayangkan wajah mereka, senyum mereka, tawa mereka, keluguan mereka..

iya,,wajah itu, tanpa beban....

aaah airmataku menetes lagi,,

maaf,,aku terharu... :)



hmm..sebelumnya aku ingin menceritakan sedikit tentang keadaan disana..

Sekolah Binaan KM FKIP UNSRI itu terletak di Kampung BNI, Inderalaya.. Letaknya jauh dari jalan raya..

untuk masuk ke lokasi, kita harus naik angkot atau ojek....

di sekolah itu hanya ada 4 orang guru kelas, dan 1 orang guru agama...

sekolah itu terdiri dari 6 kelas, kelas 1-6...ini Sekolah Dasar.



bayangkan, hanya ada 4 orang guru kelas...kalau kita pikir,,yang 2 kelasnya lagi siapa yang mengajar ya ??





kebetulan, saat Launching Sekolah Binaan ini,, aku tak datang karena aku kebetulan ada agenda di Palembang..

Jadi,, saat aku datang tadi,,aku terlebih dahulu melihat kondisi sekolah ini..



Ya Allah,,memprihatinkan...

Kelas mereka bolong, atapnya sudah tak karuan menurutku, jika hujan, mereka kebanjiran, ditambah lagi dg bau yang tak sedap di kelas itu, sepertinya menjadi sarang kelelawar juga...semuanya serba terbatas..

kantor guru dan kepala sekolahnya....ya ALLAH,, aku ingin menangis jika mengingat kondisi sekolah ini..

jika kita pernah menonton film laskar pelangi, mungkin sekolah ini lebih memprihatinkan dibandingkan dengan Sekolah yang ada di film Laskar Pelangi itu...

ah sayangnya aku bukan seorang sutradara...



tapi,,,dengan semua kekurangan itu, aku banyak memetik hikmah hari ini..

aku banyak belajar dari mereka dengan semua keterbatasannya....



adik2 itu sangat bersemangat..tak ada sedikitpun beban yang kulihat dari wajah itu.

apalagi ada 1 orang murid yang menyita perhatianku..namanya syamsuri..

saat aku pertama melihatnya, aku langsung teringat sosok seseorang yang pernah menjadi Gubernur Mahasiswa FKIP..

mirip !!!

dan rekan2ku ternyata juga mengiyakan...mereka juga berpikiran sama denganku..

ya,, berarti aku tak salah..

boleh aku menyebut namanya ?? ah tak apa, aku sebut saja...

dia tak akan marah....

syamsuri itu mirip dengan k' Ardiansyah...Ardiabara Ihsan..

dan kami pun memanggil syamsuri itu dengan panggilan syamsuriabara ihsan...

( peace pak ! maafkan anak2 mu ^_^ )

selain mirip, tingkahnya lucu..dia mengatur teman2nya...dia cerdas memang...dia berani.. mungkin dia juga akan jadi seorang Gubernur Mahasiswa di masanya nanti...amin...





tapi, disini aku tak hanya menceritakan tentang syamsuri...

semua dari mereka telah berhasil membuat aku tersadar....semakin bersyukur dg apa yg Allah berikan padaku..

seragam yang mereka pakai, warnanya tak cerah lagi,,lusuh. tapi,mereka tetap semangat bersekolah..



tadi, aku dan rekanku masuk ke kelas 5 dan 6...mereka digabung menjadi 1 kelas.

kebetulan aku dan rekanku mengajarkan pelajaran komputer pada mereka.

sebelumnya, kami minta mereka memperkenalkan diri mereka terlebih dahulu.



nama2 mereka, ada wahyu, sadar, riki, robi, hendri, syamsuri, dian, yesi, rosa, aria, indah, baya, mualimin.

yes !!! aq berhasil mengingat nama2 mereka semuanya....

iya, hanya ada 13 murid....

sedikit ya kawan2 ?? iya..

memprihatinkan bukan ? (siswa kelas 3 nya hanya 2 orang)...

ya Allah....



lagi lagi,, sayangnya aku bukan seorang sutradara...hmm....







tak ketinggalan, kami juga menanyakan cita2 mereka...

Luar biasa,, cita2 mereka mulia...ada yg ingin menjadi guru, dokter, tentara, polisi, bahkan ada yang ingin menjadi pemain bola...

amin... semoga cita2 kalian terwujud sayang :)

saat si syamsuriarabara maju, ternyata cita2 nya adalah ingin menjadi polisi..

alasannya: " iyo,karno aku nak membasmi teroris miss".....





hahaaa,, aku tergelak..



adik seumur dia sudah memikirkan kondisi bangsa ini..intinya dia ingin negeri ini aman, tanpa teroris...

amin ^_^





selain itu, banyak juga yang ingin menjadi guru,.

tadi, dian namanya, dia ingin jadi guru, alasannya :"aku nak buat wong tu jadi pinter miss"



lagi2 aku tersenyum.... amin,,semangat adikku sayang, menjadi guru adalah pekerjaan mulia..

alasanmu pun mulia, sayang...



hmm,,kepolosan mereka...aq senang...



tadi, saat kami sudah masuk ke materi..kami memperkenalkan bagian2 dari komputer.

kami juga menunjukkan laptop pada mereka...Subhanallah, mereka antusias sekali...

mereka yang awalnya duduk di kursi, kini maju semuanya..mengapa ?

karena mereka ingin melihat laptop..

coba bayangkan kawan !

Laptop, barang baru bagi mereka...



saat kami memperkenalkan cara menghidupkan laptop itu, lalu cara mematikan laptop..

mereka senang.... taukah kalian...saat laptop menyala..mereka bertepuktangan semuanya..

sambil bilang "yeeeeeee"....



ya ALLAH,,,aku bahagia melihat mereka gembira seperti ini...



tadi, saat kami meminta mereka mencoba memegang mouse, menggerakkan kursornya, mematikan laptop dg cara yang kami ajarkan, mereka bahagia...

ada yang takut memegang mouse, ada yang malu, ada yang berani, ada yang antusias..





lagi2 si syamsuri adalah salah 1 murid yang antusias itu..

dia tak beranjak dari posisinya,,,dia paling depan...tepat berhadapan dengan laptop...

tangannya di dekat mouse..

dia bilang kepada teman2nya yang malu malu tadi "payo oy kamu ni, jangan malu2, kalu kamu tu malu2 gek dak dapat ilmu kamu tu,,payo lajulah, mumpung ado laptopnyo nah, gek dak katek lagi"....



haha,,kali ini aku tertawa...

aku jadi tahu mengapa dia begitu sangat antusias mengikuti pelajaran..iya, karena sudah tertananam konsep belajar dalam dirinya.

dia ingin mendapatkan ilmu... dia tak akan malu2 untuk mencoba...dan dia tidak mau menyia2kan kesempatan yang ada..

Luar biasa.....

hmm,,lagi2 aku dapat memetik hikmah..



cukup banyak juga yang mereka pelajari dari pelajaran komputer hari ini...

saat di akhir pertemuan, kami meminta mereka menyimpulkan pelajaran hari ini..

ternyata sang ketua kelas mengacungkan jarinya... namanya wahyu..

dengan semangat, dia mnyimpulkan apa yang dipelajari hari ini....

dan benar !

aq tersenyum....mereka cerdas !



dan, TENG !

Lonceng berbunyi tanda pulang... kami mengakhiri pertemuan hari ini..

sambil bersalaman,, aq tersenyum pada mereka, dan bilang "hati2 ya dek" serta menjawab salam mereka....

ah indahnya suasana ini...

indahnya hari ini...

Be the real teacher ! !





terimakasih untuk rekan2 BEMFKIP, rekan2 KM FKIP, adik2 di Sekolah Binaan, Kepala sekolah, guru2 nya...

Terima kasih....

Teruslah berkarya...jangan pernah berhenti berjuang..

Pendidikan Indonesia ada di tangan kita..

Mari menjadi guru yang professional, bermanfaat bagi umat, amanah, cerdas, kreatif, dan menjadi guru yang menjadikan sekolah sebagai lahan dakwahnya....

kita ajarkan mereka tentang kejujuran, tentang kasih sayang, tentang keyakinan bahwa Allah selalu ada di dekat kita,..yang penting kita harus terus berdoa, brusaha, belajar,bagaimanapun kondisi kita, Allah akan bantu kita....



aku sayang kalian semua saudara2 ku....

kita bertemu dalam doa :)











markas inspirasi, 25 September 2010..

setengah jam menjelang pergantian hari...

tertanda : Tria gustiningsi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar